Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar kata “citra/
image/ gambar” ?
Yang ada di benak kita ketika mendengar kata tersebut
mungkin langsung membayangkan lukisan, foto, gambar 3D, 4D, dan sebagainya.
Citra atau dalam Bahasa inggris nya image, adalah suatu gabungan dari titik,
garis, bidang, dan warna untuk mempresentasikan suatu objek. Citra sudah di
temukan sejak 30.000 tahun yang lalu
pada masa pra sejarah ketika manusia menggambar apa yang mereka lihat di
lingkungan sekitar nya kemudian di gambarkan pada goa yang mereka singgahi, dan
tedapat makna dan tujuan mistis tersendiri bagi mereka, misal nya jika
meninggal, yang mereka gambarkan akan menemani nya dalam bentuk hidup di alam
kubur.
Seiring berkembang nya zaman, citra sudah di gunakan di
berbagai bidang dan tidak hanya 2 dimensi saja, tapi berkembang menjadi 3
dimensi contoh nya patung, Sekarang yang akan kita bahas adalah pemanfaatan
citra dalam berbagai aspek.
Yang pertama di bidang geografi dan geologi di gunakan untuk
menangkap permukaan bumi kita, dan di kompresi menjadi skala yang lebih kecil
dari apa yang sudah di tangkap oleh satelit yang di kenal sebagai peta. Dan
seiring perkembangannya di buatlah google maps, google street view 360, dan
sebagai nya yang dapat di akses melalui device kita.
Kedua di bidang hidrologi juga dapat di gunakan untuk
pemantauan daerah aliran sungai dan konservasi sungai, luas daerah dan
intensitas banjir, dan pemetaan sungai. Dan di bidang kelautan juga dapat di
gunakan untuk pengamatan fisis laut, pengamatan pasang surut air laut dan
sebagai nya.
Kemudian di bidang tata ruang dan pemetaan daerah bencana di
manfaatkan untuk memberikan informasi daerah rawan bencana, seperti banjir,
gempa bumi, dan juga letusan gunung berapi. Penggunaan citra di bidang ini
sangat memberikan manfaat untuk mencegah kemungkinan ada nya bencana dan
meminimalisir angka korban dan kerugian yang di timbulkan dari bencana alam.
Jadi sangat banyak pemanfaatan dari citra dalam kehidupan
manusia seperti yang sudah di jelaskan di atas.
Bagaimana dengan grafik komputer ? Jika citra merupakan
pengambilan dan penyuntingan gambar dalam berbagai aspek, maka grafik komputer
mempelajari bagaimana memanipulasi gambar yang bisa dilihat dan di raba (
visual ) menjadi bentuk digital .
Grafik komputer mempunyai berbagai bagian yaitu :
- Geometri, yang mempelajari cara menggambar
permukaan bidang
- Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan
memanipulasi gerakan dalam bentuk digital
- Rendering, mempelajari algoritma untuk mempilkan
efek cahaya
- Citra, mempelajari pengambilan gambar
Seiring maju nya perkembangan grafik komputer, yang kemudian di kembangkan untuk memenuhi
kebutuhan manusia dalam berbagai bidang
antara lain bidang perkantoran/office contoh nya Microsoft Office yang
dapat di gunakan untuk mempresentasikan bentuk grafik dan diagram. Kemudian
untuk kebutuhan design grafis seperti Adobe, Corel, GIMP, dan sebagai nya.
Komputer grafis juga dapat digunakan sebagai media hiburan seperti bermain game
yang menghasilkan visualisasi kepada user, baik itu game 2 dimensi atau 3
dimensi.
Jadi kesimpulannya adalah, jika citra hanya di gunakan untuk
memvisualisasikan suatu objek kedalam bentuk nyata atau bisa di raba dan
dirasakan, grafik komputer membuat pengolahan citra menjadi bentuk digital.
0 komentar: