Senin, 01 Oktober 2018

Citra dan Pengolahan Grafis Komputer

By dave   Posted at  04.58   my task No comments


Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar kata “citra/ image/ gambar” ?

Yang ada di benak kita ketika mendengar kata tersebut mungkin langsung membayangkan lukisan, foto, gambar 3D, 4D, dan sebagainya. Citra atau dalam Bahasa inggris nya image, adalah suatu gabungan dari titik, garis, bidang, dan warna untuk mempresentasikan suatu objek. Citra sudah di temukan sejak  30.000 tahun yang lalu pada masa pra sejarah ketika manusia menggambar apa yang mereka lihat di lingkungan sekitar nya kemudian di gambarkan pada goa yang mereka singgahi, dan tedapat makna dan tujuan mistis tersendiri bagi mereka, misal nya jika meninggal, yang mereka gambarkan akan menemani nya dalam bentuk hidup di alam kubur.



Seiring berkembang nya zaman, citra sudah di gunakan di berbagai bidang dan tidak hanya 2 dimensi saja, tapi berkembang menjadi 3 dimensi contoh nya patung, Sekarang yang akan kita bahas adalah pemanfaatan citra dalam berbagai aspek.

Yang pertama di bidang geografi dan geologi di gunakan untuk menangkap permukaan bumi kita, dan di kompresi menjadi skala yang lebih kecil dari apa yang sudah di tangkap oleh satelit yang di kenal sebagai peta. Dan seiring perkembangannya di buatlah google maps, google street view 360, dan sebagai nya yang dapat di akses melalui device kita.



Kedua di bidang hidrologi juga dapat di gunakan untuk pemantauan daerah aliran sungai dan konservasi sungai, luas daerah dan intensitas banjir, dan pemetaan sungai. Dan di bidang kelautan juga dapat di gunakan untuk pengamatan fisis laut, pengamatan pasang surut air laut dan sebagai nya.


Kemudian di bidang tata ruang dan pemetaan daerah bencana di manfaatkan untuk memberikan informasi daerah rawan bencana, seperti banjir, gempa bumi, dan juga letusan gunung berapi. Penggunaan citra di bidang ini sangat memberikan manfaat untuk mencegah kemungkinan ada nya bencana dan meminimalisir angka korban dan kerugian yang di timbulkan dari bencana alam.
Jadi sangat banyak pemanfaatan dari citra dalam kehidupan manusia seperti yang sudah di jelaskan di atas.



Bagaimana dengan grafik komputer ? Jika citra merupakan pengambilan dan penyuntingan gambar dalam berbagai aspek, maka grafik komputer mempelajari bagaimana memanipulasi gambar yang bisa dilihat dan di raba ( visual ) menjadi bentuk digital .

Grafik komputer mempunyai berbagai bagian yaitu :
-  Geometri, yang mempelajari cara menggambar permukaan bidang 
- Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan dalam bentuk digital
Rendering, mempelajari algoritma untuk mempilkan efek cahaya
- Citra, mempelajari pengambilan gambar

Seiring maju nya perkembangan grafik komputer, yang  kemudian di kembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam berbagai bidang  antara lain bidang perkantoran/office contoh nya Microsoft Office yang dapat di gunakan untuk mempresentasikan bentuk grafik dan diagram. Kemudian untuk kebutuhan design grafis seperti Adobe, Corel, GIMP, dan sebagai nya.


Komputer grafis juga dapat digunakan sebagai media hiburan seperti bermain game yang menghasilkan visualisasi kepada user, baik itu game 2 dimensi atau 3 dimensi.
Jadi kesimpulannya adalah, jika citra hanya di gunakan untuk memvisualisasikan suatu objek kedalam bentuk nyata atau bisa di raba dan dirasakan, grafik komputer membuat pengolahan citra menjadi bentuk digital.




Tentang Dave

Dave merupakan seorang anak pertama dari dua bersaudara, kesibukannya adalah kuliah, bermusik, dan tidur. Ia sedang menjalani kuliah di Universitas Gunadarma fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi jurusan sistem informasi.
View all posts by: MrNyapNyap

0 komentar:

Back to top ↑
Follow Dong Coy

What they says

© 2013 Taman Nyap Nyap. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.